Senin, 02 Juni 2014

PERANGKAT KURIKULUM 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan
:
Sekolah Menegah Pertama
Mata Pelajaran
:
IPA
Kelas/Semester
:
Semester I
 Topik
:
KLASIFIKASI MAHLUK HIDUP 
Sub Topik
:
Hewan Bertulang Belakang (Vertebrata )
Alokasi  Waktu
:
2 X  40 menit ( 1 kali tatap muka)

A.      KOMPETENSI INTI
KI. 1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2. Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli(toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI. 3.  Memahami  pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang  ilmu pengetahuan,teknologi, seni N terkait penomena dan kejadian yang tampak  mata).
KI. 4.   Mencoba,mengolah,  dan menyaji, dalam ranah konkret( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan  sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori).

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KI
Kompetensi Dasar
Indokator
3
3.3. memahami prosedur pengklasifikasian mahluk hidup dan benda-benda tak hidup sebagai bagian kerja ilmiah, serta mengklasifikasikan berbagai mahluk hidup dan benda tah hidup berdasarkan cirri yang diamati
3.3.1. peserta didik dapat menjelaskan konsep klasifikasi
3.3.2. peserta didik dapat menjelaskan pengertian klasifikasi dikotomi dan kunci determinasi.
3.3.3. Peserta didik dapat menjelaskan dasar pengklasifikasian dikotomi dan kunci determinasi.
4
4.2. menyajikan analisis data observasi terhadap benda ( makluk ) hidup dan tak hidup
 4.2.1. Peserta didik dapat mengklasifikasikan kelompok-kelompok hewan.

4.3. mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi  terhadap benda-benda, tumbuhan dan hewan yang ada dilingkungan sekitar
4.3.1 . Peserta didik  dapat menyajikan hasil pengamatan, inferensi, dan mengkomunikasikan hasil penyelidikan tentang klasifikasi mahluk hidup

Catatan:
KD-1 dan KD-2 dari KI-1 dan KI-2 tidak harus dikembangkan dalam indikator karena keduanya dicapai melalui proses pembelajaran yang tidak langsung. Indikator dikembangkan hanya untuk KD-3 dan KD-4 yang dicapai melalui proses pembelajaran langsung.

C.      Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat melakukan pengamatan terhadap kingdom tumbuhan dan kingdom hewan serta mengenal masing-masing karakteristik dari kingdom dan anggota kingdom tersebut.

D.     Materi Pembelajaran
Hewan vertebrata ada lima kelompok  yaitu pisces, amphibia, reptilia, aves, dan
mamalia.
Tujuan umum klasifikasi makhluk hidup adalah mempermudah mengenali,
membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup.
Makhluk hidup diklasifikasi berdasarkan:
1.  persamaan dan perbedaan
2.  ciri bentuk tubuh (morfologi) dan alat dalam tubuh ( anatomi).
3.  manfaat, ukuran, tempat hidup, cara hidup.
Takson merupakan urutan klasifikasi makhluk hidup, mulai dari yang tertinggi hingga
yang terendah, yaitu Kingdom (dunia), phyllum (untuk hewan) atau divisio (untuk
tumbuhan), Class (kelas), ordo (bangsa), family (suku), genus (marga), dan species (jenis).
 Kunci determinasi merupakan kunci yang dipergunakan untuk menentukan filum atau
divisi, kelas, ordo, famili,  genus, atau spesies. Dasar yang dipergunakan adalah identifikasi  dari makhluk hidup dengan menggunakan kunci dikotom.


E.       Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
Pendekatan    :   Scientifik
Metode           :   Diskusi dan pengamatan
Model               :   Discovery Learning
 
F.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
   1. Media
·         Gambar-gambar makhluk hidup hewan vertebrata
·         Lembar kerja siswa
2.    Alat/Bahan
-          Carta /gambar kelompok hewan vertebrata
-          Lektop/LCD
3. Sumber Belajar
·         Lingkungan sekitar sekolah
·         Sumber belajar :  -  Buku Guru dan Buku Siswa
                                      Penerbit : Pusat Kurikulum dan Pembukuan, balitbang, Kemendikbud, Penalaah Siti Zubaidah. Dkk.
-    Internet

G.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Langkah-langkah model discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Menciptakan situasi (Stimulasi)
Pemusatan perhatian :
a.       Guru memberi salam dan menyapa peserta didik
b.      Peserta didik bersama guru berdoa dan memulai pelajaran
c.       Guru menunjukkan gambar makhluk hidup vertebrata
d.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
e.       Guru menyampaikan materi secara singkat
5 menit
Kegiatan inti
Pembahasan tugas dan identifikasi masalah

Observasi




Data collection (pengumpulandata )

Data processing (pengolahan Data)




Verification (pembuktian)


Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)

·         Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu mengamati klasifikasi hewan vertebrata.



·         Diskusi kelompok untuk mengkaji LKS dan mengidentifikasi konsep yang harus diperoleh melalui pengamatan gambar klasifikasi hewan vertebrata

·         Pada tahap ini peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan  klasifikasi mahluk hidup vertebrata.


·         Pada tahap ini peserta didik dalam kelompoknya  berdiskusi untuk mengolah data  hasil pengamatan dengan cara: Mendiskusikan hasil pengamatan  dengan memperhatikan pertanyaan - pertanyaan pada lembar kegiatan, misalnya  menyebutkan ciri-ciri apa saja yang termasuk dalam kelompok hewan vertebrata.


·         Pada tahap verifikasi  peserta didik mendiskusikan hasil pengolahan data berupa laporan hasil pengamatan dan memverifikasi hasil pengamatan dengan data-data pada buku siswa.

·         Pada tahap ini peserta didik menyimpulkan hasil percobaan dan diskusi misalnya dengan cara: menyimpulkan ciri-ciri hewan vertebrta

60 menit
Kegiatan penutup

1.      Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami
2.      guru memberikan post tes kepada peserta didik secara tertulis dalam bentuk uraian berjumlah 2 soal
3.      guru menutup pelajaran dengan memastikan kelas dalam keadaan rapi dan bersih seperti semula.
15 menit

H.     Penilaian
Metode dan Bentuk Instrumen

METODE
BENTUK INSTRUMEN
A.      SIKAP
Lembar pengamatan sikap dan rubrik
B.      TES UNJUK KERJA
Tes penilaian kinerja metode filtrasi
C.      TES TULIS
Tes pilihan ganda HOT


                Mengetahui ,                                                           Mataram,   ...........................2014
            Kepala Sekolah,                                                                    Guru Mata Pelajaran,                      



Drs. H. Muh. Jauhari, MM.                                                 Muhammad. Taufik,S.Pd.,M.Pd
 NIP. 19591218 199203 1 007                                                    NIP.19780222 200112 1 004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar